Rutan Batusangkar Luncurkan Inovasi Pengamanan Berbasis Elektronik, SIKONIK : Sistem Kontrol Keliling Elektronik

SIKONIK 1

Humas Rutaba - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Batusangkar melakukan inovasi dalam peningkatan efisiensi dan efektivitas kegiatan pengamanan di lingkungan Rutan. Tonggak awal pelaksanaannya sudah dimulai per hari ini Selasa (13/5/24) oleh regu pengamanan melalui Inovasi SIKONIK yaitu Sistem Kontrol Keliling Elektronik.
 
Kepala Rutan Batusangkar Elfiandi menegaskan peningkatan penjagaan dalam menciptakan suasana yang aman dan tertib sudah harus dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang modern, "Rutan Batusangkar memiliki tantangan yang semakin kompleks dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Untuk itu diperlukan inovasi pengamanan yang dapat memanfaatkan teknologi informasi di era digital seperti saat ini. Salah satu inovasi pengamanan yang kami perkenalkan oleh adalah Sistem Kontrol Keliling Elektronik (SIKONIK)", jelas Ka.Rutan.
 
SIKONIK merupakan sebuah sistem yang menggunakan teknologi elektronik dengan memanfatkaan sistem RFID, guna memantau petugas sudah melakukan patroli di titik-titik yang telah ditentukan untuk memantau aktivitas di sekitar Rutan.
 
James Rischi Selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR) memastikan penggunaan SIKONIK akan berdampak positif bagi kegiatan pengamanan di Rutan Batusangkar, "Saya yakin dengan SIKONIK peningkatan keamanan akan dapat diraih karena proses pemantauan aktivitas disekitar Rutan akan lebih efektif sehinga meminimalkan risiko kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu pengawasan yang dilakukan regu pengamanan semakin konsisten dan efisien dengan mengunjungi 5 titik sekitar Rutan setiap 1 jam sekali", tutur James.
 
Ka.KPR juga menambahkan SIKONIK memiliki rekam jejak digital, "SIKONIK menciptakan rekam jejak digital akurat tentang kontrol keliling yang dilakukan jajaran Kesatuan Pengamanan Rutan, yang dapat digunakan untuk pemantauan, pengawasan, evaluasi serta analisis di masa depan. Semua jejak digital itu direkapitulasi dalam sebuah Aplikasi Database milik Kesatuan Pengamanan Rutan Batusangkar", tutupnya. (syuja)
 
SIKONIK 2
 
SIKONIK 3
 
SIKONIK 4
 
SIKONIK 5
 
SIKONIK 6
Sumber : Humas Rutan Batusangkar

Jln Hamka. 24 Batusangkar  Kode Pos : 27213
(0752)71032

Email Satker
rtn.batusangkar@kemenkumham.go.id

Email Aduan
rutan.batusangkar@yahoo.co.id

logo besar kuning
 
RUTAN KELAS II B BATUSANGKAR
KANWIL KEMENKUMHAM SUMATERA BARAT
Hari ini39
Kemarin205
Minggu ini536
Bulan ini3256
Total 57551

23-05-2024